Kamis, 16 Mei 2019

Sehat Ngakk Harus Jalan 10 Ribu Langkah Sehari


Tanpa benar-benar tahu asal mulanya, banyak orang menggunakan patokan jalan kaki 10 ribu langkah sehari sebagai syarat untuk hidup sehat. Riset membuktikan, tidak butuh langkah sebanyak itu untuk mendapatkan manfaat.

Riset terbaru di Brigham and Women's Hospital menunjukkan perempuan yang berjalan kaki rata-rata 4.400 langkah per hari bisa menurunkan risiko kematian dini hingga lebih dari 40 persen.

Makin banyak langkah kaki, cenderung makin besar penurunan risiko kematian dini. Tetapi manfaatnya hanya optimal hingga angka 7.500 langkah sehari. Artinya, lebih dari 7.500 langkah sehari tidak lagi memberikan manfaat ekstra.

Lalu dari mana angka 10 ribu langkah sehari yang selama ini dijadikan patokan? Dipercaya, angka tersebut berasal dari strategi marketing sebuah perusahaan pedometer ata penghitung langkah di Jepang. Aksara jepang untuk angka 10 ribu dinilai mirip seperti orang berjalan kaki sehingga angka tersebut dijadikan patokan.

"Kami harap temuan  ini memberi semangat bagi individu yang merasa 10 ribu langkah sehari susah dipenuhi," kata salah seorang peneliti, Dr I-Min Lee.

0 komentar:

Posting Komentar