Senin, 09 Maret 2020

Ini 6 Cara Membuat AC Tetap Awet Dingin


Pemakaian AC bisa sangat membantu memberikan kita kenyamanan di tengah udara yang panas. Penggunaan AC juga harus sangat diperhatikan agar bisa tetap dingin dan tahan lama. Jika tidak dirawat dengan benar, AC bisa rusak dan harus diperbaiki oleh jasa service AC. Berikut adalah 6 cara membuat AC agar tetap awet dan dingin.

1. Pastikan Ruangan Tertutup

Pastikan ruangan yang dipasangi AC berada dalam kondisi tertutup. Jangan membiarkan ada celah terbuka yang memungkinkan udara luar masuk ke ruangan. Jika ruangan dalam kondisi terbuka, maka AC perlu bekerja lebih keras. 

Ketika ruangan dalam kondisi tertutup, maka akan lebih mudah bagi AC untuk membuat ruangan menjadi dingin. Jika masih ada bagian ruangan yang terbuka, segera cari cara untuk menutupnya. Hanya nyalakan AC saat ruangan sudah benar-benar tertutup.

2. Jangan Matikan AC Sembarangan

Hindari mematikan AC secara sembarangan. Maksudnya di sini adalah jangan terlalu sering mematikan lalu menyalakan AC. Membuat AC mati dan menyalakannya kembali dalam jarak waktu singkat justru akan membuat AC bekerja keras. Jika terus menerus terjadi maka AC bisa cepat rusak.

3. Mulai dengan Suhu 25°C

Setelah beraktivitas di luar ruangan dan merasa kepanasan, biasanya seseorang akan langsung menyalakan AC. Supaya cepat dingin maka AC langsung diatur pada suhu rendah. Kebiasaan ini salah dan harus segera dihentikan.

Setelah menyalakan AC, mulailah dengan suhu 25°C. Jangan langsung memasang suhu rendah karena membuat AC bekerja lebih keras. Mulailah dari suhu yang biasa baru kemudian turunkan suhu secara perlahan jika ingin lebih dingin.

4. Aktifkan Mode Auto

Produk AC biasanya sudah dilengkapi dengan mode auto. Anda bisa mengaktifkan mode auto sebagai upaya menjaga AC tetap awet. Jika mode ini diaktifkan maka AC akan menyesuaikan suhunya dengan kondisi lingkungan sekitar. Mode auto ini akan menjaga AC bekerja tanpa beban berat karena menyesuaikan kondisi sekitar.

5. Hindari Suhu Rendah

Hindari memasang suhu yang terlalu rendah secara terus-menerus. Boleh saja sesekali memasang suhu yang rendah. Namun, jangan jadikan ini sebagai kebiasaan. Jika AC terus dipasang pada suhu yang rendah maka AC akan terus bekerja keras. Kondisi seperti ini bisa membuat AC cepat rusak.

6. Bersihkan AC 

Bersihkan unit AC Anda secara rutin untuk menjaganya tetap awet dan dingin. Idealnya, unit AC dibersihkan satu kali dalam waktu empat bulan. Anda bisa memanggil tukang servis untuk membersihkan AC. Setelah dibersihkan biasanya AC bisa mendinginkan ruangan dalam waktu yang lebih cepat.

Itulah tadi 6 cara yang bisa dilakukan agar AC tetap awet dan dingin. Jika Anda memberikan perawatan dengan benar, maka unit AC pasti bisa bertahan untuk jangka waktu yang sangat lama. Jika terjadi gangguan, segera hubungi jasa service AC dari Sejasa agar bisa segera teratasi dan tidak berkembang menjadi rusak.

0 komentar:

Posting Komentar