Kamis, 19 Maret 2020

Survey: Brosur Masih Menjadi Salah Satu Media Promosi yang Efektif


Promosi merupakan salah satu bentuk memperkenalkan suatu barang maupun jasa yang ditawarkan kepada para konsumen atau masyarakat umum. Media promosi saat ini sudah semakin beragam. Para pebisnis bersaing untuk mengenalkan produk produknya kepada masyarakat. Mereka berlomba-lomba memberikan yang terbaik kepada para konsumennya. Dengan melakukan promosi ini, mereka berharap bahwa produknya dapat lebih dikenal. 

Dan inilah beberapa bentuk media promosi yang ada atau di sering digunakan oleh para pengusaha atau perusahaan. 

1. Promosi Media Cetak

Promosi yang pertama yaitu melalui media cetak. Menggunakan media cetak dianggap merupakan salah satu promosi yang sangatlah efektif. Hal ini dikarenakan dengan media cetak tersebut para konsumen dapat membaca ataupun lebih mengenal produk ataupun jasa yang dipromosikan. Contoh dari promosi melalui media cetak yaitu poster, katalog, brosur, spanduk, dan media cetak yang lainnya. 

Media ini berbentuk seperti kertas maupun bahan lainnya yang di situ memuat tulisan rincian dari produk ataupun jasa yang diberikan atau ditawarkan. Di printerous, Anda bisa melakukan pemesanan seperti contohnya yaitu cetak brosur. Di sini Anda dapat mendesain brosur sesuai dengan yang Anda inginkan. Dan pemesanan juga lebih efektif karena bisa dilakukan selama 24 jam. 

2. Promosi Media Internet

Media promosi yang selanjutnya yaitu melalui internet. Seperti yang telah kita semua ketahui bahwa saat ini internet merupakan salah satu jaringan yang paling banyak diakses oleh masyarakat dunia. Bahkan saat ini orang sering menganggap bahwa mereka tidak akan bisa hidup tanpa adanya internet ini. Sehingga melakukan suatu bentuk promosi melalui internet akan sangat efektif. 

Bahkan saat ini proses jual-beli juga banyak dilakukan secara online melalui media internet. Bisa melalui media sosial seperti contohnya Facebook, Instagram, wa, Twitter , Line, dan media sosial yang lainnya. Selain itu bisa juga melakukan promosi melalui banner website atau beberapa program iklan berbayar lainnya. Program iklan berbayar seperti contohnya yaitu Facebook Ads dan Google Ads. Dengan adanya kemudahan melalui jaringan internet, saat ini kita tidak perlu dibuat repot untuk datang melakukan transaksi jual beli di tokonya secara langsung. Karena saat ini sudah ada banyak e-commerce yang menawarkan lapak untuk melakukan proses jual beli secara online tersebut. 

3. Promosi Media Elektronik

Media elektronik merupakan salah satu promosi yang dibilang ampuh untuk melakukan pemasaran suatu produk ataupun jasa. Media elektronik yang dimaksud seperti contohnya yaitu televisi ataupun radio. Namun pengeluaran untuk melakukan promosi yang satu ini tidaklah sedikit. Sehingga perlu membutuhkan budget yang cukup. 

Namun tentu saja promosi melalui media elektronik ini juga terbilang efektif. Terlebih Anda bisa mempromosikannya di waktu ataupun jam yang tepat.  Contohnya yaitu ketika jam istirahat kisaran waktu 19:00 hingga 22:00 malam. Karena di jam-jam inilah biasanya televisi atau media elektronik yang lainnya sedang banyak yang menonton ataupun mendengarkan. Sehingga pengeluaran ataupun pembayaran promosi di jam tersebut biasanya lebih mahal dibandingkan di jam-jam yang lainnya. Namun jika hasil dari promosi tersebut memuaskan kenapa tidak bisa coba? 

Itulah beberapa bentuk media promosi. Setiap media promosi tersebut tentu ada kekurangan dan juga kelebihannya. Sehingga Anda bisa memilih yang sesuai dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Seperti contohnya budget, target atau sasaran, ruang lingkup, dan sebagainya. Anda tidak perlu memilih media yang mengeluarkan banyak biaya namun tidak berpengaruh terhadap barang yang Anda promosikan. Untuk itu menentukan media yang paling tepat sangat perlu untuk dilakukan sehingga kegiatan promosi tersebut menjadi lebih efektif. 

0 komentar:

Posting Komentar